IMG_6650

Sebagai penggemar bakso, dalam sebulan bisa dipastikan sekali saya bikin bakso. Dulu sih nggak kepikiran ya buat bikin bakso sendiri, lha warung bakso bertebaran di mana-mana. Contohnya di sekitar rumah bapak saya ada lebih dari 5 warung bakso, belum lagi tukang bakso keliling. Selain harganya yang murah meriah dan gampang didapat, cita rasa bakso yang segar menjadikan makanan yang satu ini favorit banyak orang. Suami saya dulu mana kenal bakso, tapi begitu sekali saya ajak ngebakso di warung bakso favorit saya di Solo langsung deh dia ketagihan. Sekarang ngebakso ke warung bakso Alex di Solo jadi agenda rutin kami setiap kali ada kesempatan mudik ke Indonesia ūüėÄ

Balik lagi ke masalah bikin bakso, awalnya saya hanya sekedar bikin kuahnya saja karena waktu itu menurut saya bikin pentol bakso itu susah, ribet dan lama. Apalagi  saya lihat ada dijual di supermarket. Tapi lama kelamaan nggak puas juga kalo pake bakso beli jadi, selain produknya adalah produk beku ketika dimasak nggak bisa bulat utuh tapi agak gepeng bentuknya. Karena penasaran dengan bakso homemade saya pun iseng mencoba bikin. Ternyata memang tidak sesulit yang saya bayangkan, asal kita mau sabar dan telaten. Memang sih dari segi bentuknya saya masih harus banyak belajar karena  bakso bikinan saya belum bisa terlalu mulus, ukurannya pun belum benar-benar seragam. Tapi kalo dari segi rasa dan kekenyalannya sudah pas banget dengan selera kami berdua. Keuntungan lain dari bikin bakso sendiri adalah bisa distok untuk keperluan memasak yang lain, misalnya saja buat campuran nasi goreng, bakmi goreng atau capcay. Yang jelas sih kita juga lebih yakin ya dengan kandungan bahannya, tanpa harus khawatir tentang bahan pengawet atau halal tidaknya.

Resep asli homemade bakso ini ada di¬†sini¬†, saya pakai resep bakso solo¬†dan¬†seperti biasa resepnya juga saya modifikasi lagi sesuai selera ūüėÄ

 IMG_6643

Homemade bakso

Bahan:

1 kg daging sapi giling
9 sdm tepung tapioka
10 siung bawang putih, dihaluskan
3 putih telur
3 sdt baking powder
3 sdt garam  (usahakan pakai yang kasar)
1 buah kaldu blok atau kaldu bubuk secukupnya
merica bubuk secukupnya
pala bubuk secukupnya
air es atau es batu serut secukupnya

Cara membuat:

Campur daging sapi dengan garam dalam food processor atau blender sampai halus.

Masukkan bumbu-bumbu lain kecuali es batu.

Proses lagi sampai rata, tambahkan es batu sedikit demi sedikit. Ulangi beberapa kali sampai dihasilkan adonan yang halus dan lembut.

Didihkan air yang cukup banyak dalam panci besar kemudian matikan api.

Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan bakso dengan cara mengepalkan tangan sampai adonan keluar dengan halus diantara jari telunjuk dan ibu jari. Ambil menggunakan sendok yang sudah dibasahi dengan air kemudian masukkan ke dalam panci yang berisi air hangat.

Lakukan sampai adonan habis, kemudian rebus bulatan bakso sampai matang.

Kuah bakso

Bahan:

Tulang sapi (kalau bisa gunakan tulang bagian kaki)
5 siung bawang putih dihaluskan
3 liter air
Daun bawang
Seledri
Garam dan merica bubuk secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat:

Rebus tulang dan air dengan api kecil selama kurang lebih 5 jam. Bila ingin lebih cepat, bisa menggunakan panci pressure cooker (sekitar 45 menit Р1 jam).
Tumis bawang putih  sampai harum,  kemudian masukkan ke dalam air rebusan tulang sapi.  Masukkan  ikatan  seledri dan daun bawang serta bulatan bakso.
Tambahkan garam dan merica bubuk, icipi sesuaikan dengan selera.

IMG_6645

Untuk penyajiannya bisa diseuaikan dengan selera juga. Saya biasanya hanya tambahin bihun yang sudah diseduh dengan air hangat, irisan daun seledri, bawang goreng dan sambal rawit rebus yang diseduh dengan kuah bakso. Kadang saya tambahin sawi hijau rebus juga kalau pas lagi punya. Oh iya kali ini juga saya tambahin tahu goreng biar tambah kenyang. Mmmm….yummy…ngebakso dulu yukkkk! ūüėÄ

Leave a Reply

