Kupat Tahu Solo

Dulu, sewaktu masih tinggal di Indonesia saya suka banget makanan yang bercita rasa creamy. Makanan yang ada tambahan kejunya pasti jadi favorit saya, mulai dari pizza, berbagai jenis pasta sampai steak dengan saus krim. Kalau makan di luar pun biasanya saya juga pilih yang model western food. Tapi entah mengapa sejak pindah dan menetap di Perancis selera saya mulai bergeser ke makanan khas Indonesia. Dapur saya nggak pernah sepi dari yang namanya masak nasi, bikin gorengan atau masak sayur berkuah santan. Bisa dibilang hampir tiap hari saya masak nasi dan bikin sayur. Pokoknya dapur adalah bagian rumah yang paling saya kuasai, suami hanya boleh ngutak-atik dapur kalau pas weekend di mana biasanya dia bikin pancake atau masakan yang lain 😀 Untung saja suami nggak pernah protes, dia selalu melahap apa saja yang saya masak. Heran juga sih saya karena perutnya nggak pernah bermasalah dengan sambal, masakan bersantan dan gorengan. Saya malah sempat mikir jangan-jangan suami saya ini bule gadungan, bule Ccuma kemasannya doang tapi isinya perutnya made in Indonesia hahaha…

Karena suami selalu nrimo apa saja masakan yang tersaji di meja makan, saya pun jadi keenakan kalau bikin menu makan harian. Seperti kemarin itu, pas lagi blogwalking saya nemu resep kupat tahu yang kelihatannya simple banget, langsung deh jadi kepingin bikin. Jadi inget, dulu biasanya bapak suka beliin kupat tahu ini buat sarapan di rumah, dan saya nggak ingat kapan terakhir kali makan kupat tahu di Solo. Jadi, saatnya beraksi ngubrek dapur nyiapin pernak-pernik kupat tahu yang lumayan banyak.

Untuk kupatnya saya nggak bikin ketupat beneran soalnya belum pernah nemu daun kelapa buat bikin sarang ketupatnya. Alih-alih saya niru trik praktis yang saya temukan yaitu beras dimasak di rice cooker sampai lembek kemudian dicetak di loyang roti yang sudah dilapisi plastik tebal. Setelah diangin-anginkan dan masuk kulkas, siap deh dipotong-potong untuk disajikan. Untuk perlengkapan lainnya, lumayan gampang karena hanya merebus mie telor, goreng kacang tanah, bikin bakwan, goreng tahu, rebus kecambah sebentar, iris kubis dan seledri. Setelah semua beres, tinggal bikin kuah kecapnya yang ternyata juga gampang banget. Pokoknya kupat tahu ini gampang bikinnya, tapi persiapannya yang memang agak lama karena banyak yang harus digoreng terlebih dahulu. Setelah semua siap saya tinggal potong-potong dan susun di piring, setelah diguyur kuah kecap dan ditaburi bawang goreng, kupat tahu pun siap disantap buat makan siang. Untuk resepnya bisa buka di sini ya 🙂

IMG_5552

Kupat tahu mantappp 😀

Leave a Reply

